Tips Menaikan Performa Mesin Mobil Terbaru. Sobat
Situsmodifikasi.com ! para pecinta otomotif memang sangat mengidamkan performa
mobil yang handal terutama pada basis mesin. Karena memang mesin merupakan
dapur pacu utama dari Si Besi roda empat ini. Pada era ini pun mesin yang di
bawa oleh pabrikan mobil Sudah termasuk handal dan sangat tangguh. Namun taukah
jika para pengguna kendaraanpun biasanya kurang puas dengan performa mesin yang
di berikan dan terkadang banyak keluhan pun terjadi dari mesin bwaan pabrik.
Nah
disini, pengguna kendaraan yang kurang puas dengan performa mesin bawaan
pabrik. Tentu ada pemikiran untuk memodifikasi mesin mobilnya, Dengan dalih
upgrade Menaikan performa mobil, maka beberapa part dipasang untuk menggantikan part
orisinelnya. Dengan begitu tentu diharapkan dapat membawa perubahan yang
signifikan pada mesin.
Kebanyakan
Part-part yang dipakai untuk mendukung upgrade kini sudah tersedia di workshop
yang mendedikasikan skill mereka di urusan mesin. Nah kali ini kami akan
memberikan beberapa Tips modifikasi performa
mesin mobil pada beberapa Sektor parts yang biasa di ganti Sehingga
performa dari hasil modifikasi pada
mesin mobil terasa sangat memuaskan dan luar biasa.
Berikut
kami sajikan part modifikasi mesin mobil Terbaru 2016 :
1.
Bahan Bakar
Basis
dan Hal paling dasar untuk meningkatkan performa Modifikasi mesian adalah soal
kebutuhan bahan bakar. Bila kendaraan Anda perbandingan kompresinya di atas 9 :
1, maka kebutuhan bahan bakarnya minimal RON 92. Nah kita tahu Teknologi mesin
bensin sekarang, biasannya bisa memakai bahan bakar dengan RON yang lebih
rendah dari kebutuhan yang sesuai perbandingan kompresi. Namun itu juga
mengakibatkan performa mesin menurun dan juga bunyi ngelitik. Jadi Sebaiknya
anda gunakan RON 92 agar performa mesin tetap terjaga.
2.
Filter udara
Yang
kedi setelah bahan bakar adalah Part aftermarket. Part aftermarket yakni filter
udara. Jadi, barang pertama yang dijajakan oleh penjual aksesori, kepada
konsumennya yang ingin merasakan adanya peningkatan performa. Adalah Filter
udara.
Dan
Biasanya Setelah di pasang filter udara aftermarket ini, mesin akan terasa
lebih responsif. Itu karena proses pembakaran mendapatkan asupan oksigen yang
lebih maksimal. Bila dibandingkan dengan saat menggunakan filter udara standar
pabrik.
3.
Busi
Kita
tahu produsen mesin pabrik masih memaki busi bawaan. Dan memakai busi bawaan,
memang sudah dihitung kesesuaiannya untuk pemakaian harian. Namun umur pakai
busi standar bisa lebih panjang.
Untuk
Busi modifikasi sendiri memang memiliki Umur pakai sedikit lebih pendek namun
yang menjadikannya Spesial adalah mampu membuat putaran mesin bawah sedikit
lebih galak, maka bisa pilih busi tipe panas (elektroda lancip). Pemakaian busi
Iridium (dingin), bisa bikin mesin lebih agresif. Namun ganti busi panas atau
dingin, baru akan cocok dengan kondisi mesin yang perbandingan kompresinya
tinggi atau kapasitas mesin di atas 2.000 cc.
4.
Volt Stabilizer
Selanjutnya
adalah Volt Stabilizer. Banyaknya perangkat kelistrikkan di mesin masa kini,
terkadang bisa membuat ECU salah membaca sinyal dan akibatnya bisa menggerogoti
performa mesin. Memasang volt stabilizer membantu menstabilkan suplai listrik
supaya tetap di rentang 12 V. Shingga mampu membuat masing-masing komponen
kelistrikkan mendapat tegangan yang sama rata.
5.
Kabel Grounding
Kabel
Grounding. Secara garis besar, pemasangan kabel grounding bisa membuat aliran
listrik jadi lebih stabil. Sehingga ECU dapat lebih tepat membaca sinyal yang
masuk maupun saat mendistribusikannya. Anda perlu tahu juga Untuk kendaraan
yang sudah berumur dan kemungkinan ada masalah dengan urusan grounding,
pemasangan part ini akan terasa manfaatnya. Seperti pedal gas yang responsif,
sehingga seperti ada peningkatan putaran mesin bawah boleh anda coba bagi
pemilik kendaraan yang Sudah berumur.
6. Koil
Kita
tahu memang kendaraan masa kini sudah banyak yang meninggalkan koil jenis lama
dan Untuk kendaraan lama yang masih pakai koil, menggantikan barang bawaan
pabrik bisa jadi jalan keluar upgrade performa mesin. Untuk Tips modifikasi Kil
di kendaraan baru Biasnya menggunakan koil direct. Sehingga bisa diakali dengan
mencari koil sejenis yang punya arus lebih besar.
7.
Kabel Busi
Tips Performa mesin mobil selanjutnya adalah pada kabel busi. Pada Part ini juga hanya bisa dipakaikan
pada kendaraan yang kabel businya terbisah dengan koil. Untuk kendaraan baru
masa kini, hal ini tidak bisa dilakukan Pasalnya kebel businya jadi satu dengan
koil.
8.
Crawford Eco Block
Modifikasi performa mesin
selanjutnya adalah Crawford eco block. Memang kedengaran asing karena Alat ini
memang dipakai untuk memanipulasi bacaan MAF (Mass Air Flow) Sensor. Sehingga
ECU akan meminta supaya timing dimajukan dan debit bensin dikurangi.
Sensor
pembacanya terletak tepat di tengah-tengah intake, demi mendapatkan bacaan
debit udara yang terbanyak. Konsep Eco-Block sangat sederhana, dengan menaikkan
posisi MAF sensor.
tujuannya,
debit udara terbaca lebih kecil dan kemudian membuat ECU memerintahkan suplai
bensin dikurangi, namun timing dimajukan.
Alhasil,
karena sebenarnya udara yang masuk lebih banyak dan timing lebih maju. Jadi
proses pembakaran akan lebih sempurna, akselerasi pun terasa lebih responsive dan
bertenaga.
9.
Drive By Wire
Berbeda
dengan Crawford Eco Block, Drive By Wire ini bisa memanipulasi data dari
pedal menuju throttle, agar bisa diatur lebih detail lagi, lewat Throttle
Controller (TC).
Pasang
TC bisa memanipulasi ECU saat hendak kasih perintah bukaan skep. TC punya 3
setingan, economic, normal dan sport. Ketika setingan diposisikan sport, sudah
pasti performa mesin akan mengalami
peningkatan yang sangat signifikan.
10.
Injektor
Injector
bawaan biasnya memang kurang maksimal. Sehingga anda perlu mengganti injektor
standar dengan aftermarket yang memiliki 12 hole. Penggantian tersebut dapat
memberikan putaran mesin bawah lebih responsive dan tentunya lebih bertenaga.
11. Pompa Bensin
Pompa
bensin pada Part standar bawaan pabrik, hanya bisa menyemprotkan bensin
sebanyak 160 lph (liter per hour). Dengan memasangkan pompa bensin aftermarket
yang minimal bisa menyemprotkan 220 lph, mampu mendongkrak performa mesin
sampai 3 dk. Tapi anda harus tau juga Pompa bensin ini mesti didukung
penggantian komponen lain, seperti injektor yang bisa menyemprot bensin lebih
banyak.
12.
Header
Pada
Kendaraan keluaran 2005, menggunakan header dan konfigurasi 4-1 atau 4-2-1.
Masing-masing konfigurasi itu, punya kekhususan. Buat yang doyan torsi bawah
berlimpah, pakainya 4-1. Sedangkan untuk yang hendak mengejar top speed, bisa
jadi 4-2- 1 pilihannya.
13.
Downpipe
Pada
kendaraan keluaran masa kini, Downpipe merupakan istilah baru untuk
penyebutan header. Downpipe adalah bagian dari header yang mana primary
pipe-nya menyatu langsung pada cylinder head. Sehingga anda dapat menganti Downpipe
untuk mendapatkan performa
modifikasi mesin yang lebih responsive dan handal.
14.
Resonator
Resonator,
Komponen ini Tidak hanya dipakai sebagai peredam suara yang keluar dari mesin
ke exhaust system. Tapi juga sebagai penghasil back pressure dari gas buang. Anda
perlu tahu menganti resonator ini juga dapat memberikan power yang lebih responsive.
15.
Reflash ECU
Jika
mobil anda Tetap memakai ECU standar, performa mesin bisa mengalami peningkatan
hanya 10%. Karena Itu hanya stage 1,
cara re-flash ini bisa sampai stage 3 Sehingga anda pasti tahu bisa menambah
30% power mesin anda agar lebih responsif
16. Piggyback
Nah
modifikasi mesin mobil yang sudah dioprek, biasanya perlu dipasang piggyback.
Fungsi alat ini sendiri untuk memanipulasi data yang ada dalam ECU. Sehingga
data yang masuk ke dalam ECU dapat sesuai dengan kebutuhan mesin. Karena Si
piggyback ini bisa menambah iritnya mesin mobil anda.
17.
Porting Polish
Porting
polish merupakan perlakuan pada kepala silinder. Di mana jalur saluran masuk
dan keluar bahan bakar dibuat lebih halus. Proses ini juga berimbas pada makin
lebarnya lubang in dan outlet. Untuk upgrade performa harian, cukup papas
dinding intake 1 mm. Lebih dari itu, performa justru akan membuat tenaga tak
maksimal bahkan bisa membuatnya melempem.
18.
Bubut Kepala Silinder
Cara
ini dilakukan Guna menaikkan perbandingan kompresi pada mesin standar. Dengan
kompresi yang lebih tinggi, akan meningkatkan performa mesin. Tapi mesti
diwaspadai, biasanya cara ini juga membuat mesin cepat panas.
19.
Camshaft
Camshaft
atau lebih dikebal dengan noken as ini, memiliki fungsi untuk buka tutup klep
in dan out. Dengan durasi buka tutup klep yang sudah diubah dari standarnya,
pemasangan kem racing jadi cara jitu upgrade performa mesin lanjutan. Yang tentunya
menambah Responsifnya mobil anda.
20.
Klep Dan Per Klep
Valve
atau yang sering di sebut dengan Klep dan Per klep ini berfungi sebagai pintu
masuk bahan bakar keruang bakar juga keluarnya sisa pembakaran. Dengan daya
dorongnya, per klep berfugsi menutup kembali klep. Untuk mesin yang sudah high
performance dan banyak bermain di putaran mesin tinggi, butuh klep dan per klep
yang bisa bekerja lebih keras dari standarnya. Untuk itu gantilah dengab valve
ini sesuai kebutuhan mesin anda.
21. Turbo
Turbo
Berfungsi untuk menambah pasokan udara ke dalam mesin. Hasil akhirnya adalah
menaikkan tenaga secara spontan. Kebanyakan turbo model blow through adalah turbo
umum yang sering di pakai di indonesi. Jenis ini hanya memompa udara segar ke
mesin (Garret, HKS dll). Pemasangan turbo untuk harian, biasanya untuk
mendongkrak putaran mesin bawah.
22. Penunjang Turbo
Pasang
turbo biasanya perlu pendamping, seperti fuel pump, fuel pressure regulator,
ECU, blow off valve dan wastegate. Bisa juga memasang intercooler, agar udara
yang masuk ke mesin jadi dingin dan membuat molekul udara bertambah sehingga
pembakaran lebih maksimal dan memberikan performa yang lebih baik
23.
Piston Dan Setang
Bagi
mesin yang sudah high performance atau sudah pasang turbo, anda tidak bisa lagi
mengandalkan piston standar. Material dan desainnya punya kinerja terbatas.
Sehingga anda perlu mengantinya dengan Piston yang lebih dari Standart pabrik.
24.
Supercharger
Supercharger
Secara fungsi mirip dengan turbo, yakni meningkatkan tenaga secara instan
dengan memompakan udara tambahan ke mesin. Sistem kerjanya dengan bantuan
perputaran kruk as. Efek pakai supercharger terasa dari putaran mesin bawah
sampai menengah.
25.
Nitro Oksida
Nah
Part Tips Performa mesin mobil yang terakhir ini Sering anda lihat pada layar fast and furious. Nitro Oksida Atau
juga biasa disebut dengan NOS. Sebutan ini sebenarnya adalah sebuah merek dagang
dari produk tersebut. Gas ini enggak mudah terbakar, jadi ketika nitro oksida
masuk ke ruang bakar akan terurai menjadi nitrogen dan oksigen (yang membakar
bahan bakar di ruang bakar).
Anda
harus tau Kadar oksigen pada nitro oksida lebih padat dari udara bebas. Efek dari
pemakaian NOS itu seperti memasukkan oksigen ekstra ke turbo. namun masalah
tersendiri penggunaan NOS adalah anda harus menganti tabungnya sekaligus jika
anda Kehabisan Nos ini.
Demikian
Ulasan Dari Situsmodifikasi.com Tentang Tips Menaikan Performa Mesin Mobil Terbaru.
Terima
Kasih Telah mengunjunggi Situsmodifikasi.com
0 komentar:
Post a Comment